Abstract:
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti pada tanggal 8
Februari 2023 di SD Negeri 104194 Paluh Manan, membuktikan bahwa terdapat
beberapa siswa kelas IV SD Negeri 104194 Paluh Manan yang belum bisa
membaca, terdapat siswa yang belum bisa juga memahami isi bacaan pada materi
yang dibaca, ada siswa yang membacanya masih secara terbata-bata, dan guru yang
mengajar masih menggunakan model atau metode ceramah serta belum mengetahui
model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Dengan adanya bukti berupa hasil dari lembar observasi yang telah peneliti berikan
kepada siswa-siswi dan juga berupa video wawancara kepada guru kelas mengenai
proses pembelajaran dan kemampuan siswa-siswi tersebut. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada kelas IV SD Negeri 104194
Paluh Manan dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated
Reading And Coomposition (CIRC). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan II siklus. Dengan subjek penelitian
siswa kelas IV SD Negeri 104194 Paluh Manan yang berjumlah 14 laki-laki dan 20
perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar
observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Teknik analisa data
yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
adanya peningkatan kemampuan membaca siswa dengan menerapkan model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Coomposition (CIRC).
Peningkatan kemampuan membaca siswa pada siklus I terdapat sebanyak 16 siswa
yang aktif atau sesuai dengan KKM Dengan persentase 47,05% dan 18 siswa yang
kurang aktif atau tidak memenuhi KKM dengan persentase 52,95%. Kemudian
pada siklus II sebanyak 29 siswa yang aktif atau sesuai dengan KKM dengan
persentase 85,29% dan 5 siswa yang tidak aktif atau tidak memenuhi KKM dengan
persentase 14,71%.