Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis penerapan nilai-nilai moral pada
pembelajaran PKn dan kendala dalam penerapan nilai-nilai moral pada pembelajaran
PKn pada siswa kelas IV di SDN 060872 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah guru dan
siswa kelas VI SDN 060872 Medan. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan
Model Miles, Huberman dan Saldana dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa guru dan siswa sudah menerapkan nilai-nilai moral pada pembelajaran PKn
siswa kelas IV di SDN 060872 Medan. Guru menerapkan nilai moral dalam
pembelajaran PKn dengan menggunakan metode bercerita dan pembiasaan kepada
siswa. Nilai-nilai moral yang diterapkan oleh guru dan siswa yaitu bersikap sopan
santun, mempunyai kejujuran yang tinggi, bersikap disiplin, mempunyai rasa
toleransi, mampu bertanggung jawab, dan mencintai tanah air. Serta kendala yang ada
dalam penerapan nilai moral yaitu pertama, dalam lingkungan keluarga, lingkungan
pergaulan siswa, dan penggunaan teknologi yang berlebihan dan tanpa pengawasan
orang dewasa. Sehingga solusi yang dapat diberikan guru kepada orang tua yaitu
untuk orang tua harus memberikan contoh dan perilaku baik kepada anak selama di
rumah, memberikan perhatian serta pengawasan kepada anak dalam pergaulan
pertemanan dan penggunaan teknologi.