Abstract:
enelitian ini bertujuan untuk meninjau proses dan pelaksanaan Tilawah Al Qur’an evaluasi dengan model CIPP. Melalui program Tilawah Al- Qur’an siswa
dapat bertambah wawasan mengenai pengetahuan cara membaca, melafalkan dan
menulis ayat-ayat Al-Qur’an dengan mengetahui aturan-aturan yang telah
ditetapkan seperti mahkorijul huruf, panjang pendek, kaidah tajwid, dan ghorib
sehingga tidak terjadi perubahan makna.Penelitian ini permasalahan terfokus pada
kajian Evaluasi Sistem CIPP terhadap Program Tilawah Al- Qur’an di MTs Swasta
Cendikia. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui: 1) pelaksanaan kegiatan
program tilawah al- Qur’an di MTs Swasta Cendekia . 2)mengevaluasi program
tilawah al- Qur’an menggunakan sistem CIPP di MTS Swasta Cendekia.
Adapun Jenis penelitian yang akan dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian
lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Subjek penelitian ini adalah: Guru
Tahfiz dalam menerapkan tilawah Al-qur’an di MTs Swasta Cendekia. Teknik
pengumpul data yang diperlukan ialah observasi dan dokumentasi. Serta analisis
data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/
verification.”
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan kegiatan program tilawah al Qur’an di MTS Swasta Cendikia dilaksanakan dengan mengunakan dua metode,
yaitu metode Iqra’ dan Al-Baghdadi 2)Evaluasi program tilawah al- Qur’an
menggunakan sistem CIPP di MTs Swasta Cendikia yaitu dengan menggunakan
Evaluasi Context (konteks) yaitu guru modul berisikan materi-materi, ulangan dan
tugas. Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dan evaluasi konteks ini dilakukan untuk
melihat bagaimana pemahaman siswa dan sebagai bahan refleksibagi guru. Pada
Evaluasi Input (masukan) guru mengadakan evaluasi masukan kepada siswa,
dengan demikian guru menilai efektif atau tidakkah program tersebut. Ketiga,
Evaluasi Process (proses) pelaksanaan strategi dan penggunaan sarana / modal
bahan dalam kegiatan nyata lapangan. Selanjutnya, Evaluasi Product, fokus pada
pengukuran keberhasilan.