Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan perpustakaan
berbasis digital terhadap proses belajar mahasiswa program studi pendidikan
akuntansi FKIP UMSU. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena
gejala-gejala hasil pengamatan dikonversikan ke dalam angka-angka yang
dianalisis menggunakan statistik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 79 orang
mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMSU.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh layanan perpustakaan
berbasis digital terhadap proses belajar mahasiswa, hal tersebut dapat ditunjukan
diperolehnya nilai Fhitung sebesar 97.639 dengan tingkat signifikansi sbesar 0,000 <
0,05, maka dengan kata lain adanya pengaruh variabel Layanan Perpustakaan
Digital (X) dengan Proses Belajar Mahasiswa (Y). Selain itu koefisien determinasi
(R2) sebesar 0,559 atau 55,9% dipengaruhi oleh layanan perpustakaan berbasis
digital dan signifikan terhadap proses belajar mahasiswa program studi pendidikan
akuntansi, sedangkan sisanya 44,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diteliti.