Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Metode Mubasyaroh
pada pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah
Medan. Pendlitian ini didapatkan atas asumsi bahwa Metode Mubasyaroh
merupakan salah satu metode yang baik untuk dijadikan metode dalam
pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan kualitas memahami dan
mengucapkannya. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis kaelan. Teknik keabsahan data menggunakan analisis
tringulasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa
Metode mubasyaroh adalah metode yang efektif digunakan di pesantren Ar Raudlatul Hasanah Medan mengingat metode ini dapat memudahkan siswa dalam
memahami kosa kata bahasa Arab dengan baik meskipun masih terdapat beberapa
siswa yang kesulitan menghafal kosa kata bahasa Arab disebabkan oleh masalah
internal atau berupa masalah yang memang ada pada anak tersebut contohnya sulit
dalam menghafal pelajaran.