Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa
kelas V SD Negeri 067260 Medan, pada materi Statistika. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V
SD Negeri 067260 Medan yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah
model pembelajaran Joyful Learning. Isntrumen penelitian yang digunakan adalah
observasi dan tes.
Teknik analisis data penelitian ini adalah sumber data, jenis data,cara pengambilan
data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
Joyful Learning dapat meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas V
pada materi pokok statistika. Hal itu dapat dibuktikan dari peningkatan 1) Hasil
belajar siklus I yakni 41,38% dengan jumlah siswa yang tuntas 12 orang siswa, pada
siklus II meningkat menjadi 86,21% dengan jumlahsiswa yang tuntas 26 orang
siswa. Sedangkan siswa yang tidak tuntas pada suklus I 58,62% dengan jumlah 18
orang siswa, dan siklus II menjadi 13,79% dengan jumlah 4 orang siswa. 2) Hasil
observasi kreativitas belajar matematika siswa pada siklus I kurang baik.
Sedangkan pada siklus II meningkat sangat baik. Berdasarkan hasil observasi dan
tes, pada siklus I skor kreativitas belajar matematika yang diperoleh sebesar 64,38%
dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 15,96% menjadi 80,34