Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN PKN DIKELAS IV SD MUHAMMADIYAH 32 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author NST, IMA YASA
dc.date.accessioned 2023-11-21T02:45:26Z
dc.date.available 2023-11-21T02:45:26Z
dc.date.issued 2023-11-21
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22297
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kemampuan berpikir kritisnya masih kurang dan masih terbatas sehingga siswa belum mampu memahami konsep berpikir kritis dan belum menguasai tentang berpikir kritis pada pembelajaran Pkn. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Muhammadiyah 32 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa dengan 1 kelas. Instrument penelitian ini dengan menggunakan lembar tes. Teknik analisis data penelitian ini dengan menggunakan uji validitas, uji realibilitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa model pembelajaran make a match berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, karena pada analisis uji t ( independent t-test ) diperoleh hasil nilai signifikansi ( sig. 2-tailed ) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Pkn dikelas IV SD Muhammadiyah 32 Medan. Hasil analisis data diperoleh rata-rata ( mean ) setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran make a match dikelas pretest yaitu 56,5. Sedangkan siswa dikelas posttest rata-rata ( mean ) tanpa diberikan perlakuan dengan model pembelajaran make a match yaitu 87. Sehingga siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran make a match memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran make a match. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Make A Match, Berpikir Kritis Siswa en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN PKN DIKELAS IV SD MUHAMMADIYAH 32 MEDAN en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account