Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kemampuan berpikir
kritisnya masih kurang dan masih terbatas sehingga siswa belum mampu
memahami konsep berpikir kritis dan belum menguasai tentang berpikir kritis
pada pembelajaran Pkn. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran make a match terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
kelas IV SD Muhammadiyah 32 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel
pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Sampel dalam penelitian
ini berjumlah 20 siswa dengan 1 kelas. Instrument penelitian ini dengan
menggunakan lembar tes. Teknik analisis data penelitian ini dengan menggunakan
uji validitas, uji realibilitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menujukkan
bahwa model pembelajaran make a match berpengaruh terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa, karena pada analisis uji t ( independent t-test ) diperoleh hasil
nilai signifikansi ( sig. 2-tailed ) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Artinya, terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Pkn dikelas IV SD
Muhammadiyah 32 Medan. Hasil analisis data diperoleh rata-rata ( mean ) setelah
diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran make a match dikelas
pretest yaitu 56,5. Sedangkan siswa dikelas posttest rata-rata ( mean ) tanpa
diberikan perlakuan dengan model pembelajaran make a match yaitu 87. Sehingga
siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran
make a match memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanpa
menggunakan model pembelajaran make a match.