Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untukmengetahui dan menganalisis pengaruh
celebrity endorsement terhadap minat pembelian, untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh social media marketing (Instagram) terhadap minat
pembelian, dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh celebrity endorsement
dan social media marketing (Instagram) terhadap minat pembelian pada produk
skincare Azarine (studi kasus pada mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara). Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah pendekatan asosiatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah
mahasiswa perempuan di Program Studi Manajemen pada tahun 2022 dan
sampel penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah menggunakan kuisoner. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji t,
Uji F, dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini
menggunakan program software SPSS (versi 26.00). Secara parsial celebrity
endorsement dan social media marketing (Instagram) memiliki pengaruh signifikan
terhadap minat pembelian. Secara simultan celebrity endorsement dan social media
marketing (Instagram) memiliki pengaruh signifikan terhadap terhadap minat
pembelian pada produk skincare Azarine.