Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP NUMERASI LITERASI SISWA KELAS III UPDT SD NEGERI 16 PERKEBUNAN TELUK PANJI

Show simple item record

dc.contributor.author RIZKY, YULIA
dc.date.accessioned 2023-11-21T02:43:40Z
dc.date.available 2023-11-21T02:43:40Z
dc.date.issued 2023-11-21
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22295
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kemampuan numerasi literasinya masih kurang dan masih terbatas sehingga siswa belum mampu memahami konsep numerasi dan belum menguasai lambang bilangan matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap numerasi literasi siswa kelas III UPDT SD Negeri 16 Perkebunan Teluk Panji. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas III A sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa dan kelas III B sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian ini dengan menggunakan lembar tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran think pair share berpengaruh terhadap numerasi literasi siswa, karena pada analisis uji t (independent t-test) diperoleh hasil nilai signifikansi (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap numerasi literasi siswa kelas III UPDT SD Negeri 16 Perkebunan Teluk Panji. Hasil analisis data diperoleh rata-rata (mean) setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran think pair share di kelas eksperimen yaitu 82,65. Sedangkan siswa di kelas kontrol rata-rata (mean) tanpa diberikan perlakuan dengan model pembelajaran think pair share yaitu 49,53. Sehingga siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran think pair share memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran think pair share. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Think Pair Share, Numerasi Literasi Siswa en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP NUMERASI LITERASI SISWA KELAS III UPDT SD NEGERI 16 PERKEBUNAN TELUK PANJI en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account