Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kemampuan numerasi
literasinya masih kurang dan masih terbatas sehingga siswa belum mampu
memahami konsep numerasi dan belum menguasai lambang bilangan matematika.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think
pair share terhadap numerasi literasi siswa kelas III UPDT SD Negeri 16
Perkebunan Teluk Panji. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
III yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64
siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas III A sebagai kelas kontrol berjumlah
32 siswa dan kelas III B sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa. Instrumen
penelitian ini dengan menggunakan lembar tes. Teknik analisis data penelitian ini
menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji
hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran think pair
share berpengaruh terhadap numerasi literasi siswa, karena pada analisis uji t
(independent t-test) diperoleh hasil nilai signifikansi (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05,
maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh model pembelajaran
think pair share terhadap numerasi literasi siswa kelas III UPDT SD Negeri 16
Perkebunan Teluk Panji. Hasil analisis data diperoleh rata-rata (mean) setelah
diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran think pair share di kelas
eksperimen yaitu 82,65. Sedangkan siswa di kelas kontrol rata-rata (mean) tanpa
diberikan perlakuan dengan model pembelajaran think pair share yaitu 49,53.
Sehingga siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model
pembelajaran think pair share memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika
dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran think pair share.