Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kemampuan kompetensi
pengetahuan PKn masih kurang dan masih terbatas sehingga siswa belum mampu
memahami pengetahuan PKn. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran take and give berbantuan media question card
terhadap kompetensi pengetahuan PKn. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan total sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah
25 siswa. Instrumen penelitian ini dengan menggunakan lembar tes. Teknik analisis
data penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Take and Give berpengaruh
terhadap kompetensi pengetahuan PKn, karena pada analisis uji t (independent t test) diperoleh hasil nilai signifikansi (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima
dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh model pembelajaran take and give
berbantuan media question card terhadap kompetensi pengetahuan PKn Siswa
kelas IV SD N 136539 Kota Tanjungbalai. Hasil analisis data diperoleh rata-rata
(mean) setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran take and
give yaitu 82,4. Sedangkan sebelum diberikan perlakuan model pembelajaran Take
and Give rata-rata (mean) yaitu 58. Sehingga siswa yang mendapatkan perlakuan
dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give memiliki rata-rata yang
lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran
Take and Give.