Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Ketersediaan Produk Dan Harga
Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Promosi Sebagai Variabel Intervening di
Tokopedia Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara baik itu
seacara langsung maupun tidak langsung. Adapun penelitian ini menggunakan
pendekatan asosiatif dengan teknik analisis jalur dengan menggunakan SEM PLS.
Responden penelitian merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera
Utara yang berbelanja di Tokopedia. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh langsung
bahwa ketersediaan Produk berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada
mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Harga berpengaruh tetapi tidak
signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara. Promosi berpengaruh tertapi tidak signifikan terhadap Keputusan
Pembelian pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Ketersediaan
Produk berpengaruh signifikan terhadap Promosi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan
Bisnis UMSU. Harga berpengaruh signifikan terhadap Promosi pada Mahasiswa
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Ada Pengaruh tidak langsung bahwa
pengaruh signifikan Ketersediaan Produk terhadap Keputusan Pembelian dengan
promosi sebagai variabel intervening pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara. Ada pengaruh signifikan harga terhadap Keputusan Pembelian dengan
Promosi sebagai variabel intervening pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara.