Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan layanan guru
bimbingan dan konseling untuk pembentukan karakteristik siswa kelas X MAN 1
Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan program pendidikan
karakter di MAN 1 Medan, peran guru sebagai pendidik sangat utama. Karena
proses pelaksanaan pendidikan karakter ini diintegrasikan dalam kegiatan belajar
mengajar pada setiap mata pelajaran. Pengintegrasian pendidikan karakter di
MAN 1 Medan, selain dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari, sekolah juga
menerapkan budaya 5S yang terdiri dari sikap Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan
Santun setiap personil sekolah terhadap sesama, juga menanamkan sikap cinta
tanah air, budaya hidup sehat dan bersih, serta disiplin dalam kegiatan ekstra
kurikuler yang dilaksanakan pada waktu sore hari, dengan guru-guru pembimbing
yang ditunjuk sebagai pelaksana. Sehingga dalam upaya ini, lingkungan sekolah
dan juga pihak-pihak yang terlibat didalam lingkungan ini adalah input utama
yang menentukan arah pembentukan dan pengembangan karakter, termasuk guru
Bimbingan dan Konseling.