Abstract:
Multimedia dalam proses belajar mengajar bertujuan membantu pendidik dalam
menjelaskan materi yang sulit. Pemanfaatan teknologi multimedia dapat
membangkitkan motivasi belajar serta menjadikan pembelajaran lebih menarik.
Teknologi multimedia sangat efisien dalam segi waktu bagi pendidik karena tanpa
harus menyuruh peserta didik mencatat materi, cukup dengan mencopi file materi
yang telah disampaikan. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan motivasi belajar
peserta didik di kelas VIIA di SMP Negeri 1 Sawit Seberang. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kualitatif pendekatan deskriptif analisis, teknik pengolahan data
observasi, wawancara dan dokumentasi, informasi yang diteliti yaitu guru
Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas VIIA di SMP Negeri 1 Sawit Seberang.
Hasil penelitian bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan
model multimedia yaitu dengan menggunakan beberapa media pembelajaran
(multimedia) sangat berpengaruh terhadap siswa ditandai dengan semangat yang
tinggi saat belajar Pendidikan Agama Islam terlihat dari hasil belajar yang
meningkat.