Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi strategi komunikasi pemasaran
terhadap persaingan bisnis diberbagai bidang saat ini sangat kompetitif, artinya
setiap lembaga, perusahaan yang berkecimpung dalam dunia bisnis apa saja, perlu
meningkatkan kemampuan dan kualitas baik barang maupun jasa yang ditawarkan
kepada masyarakat umum pemasaran memiliki konsep kunci keberhasilan suatu
bisnis dimana pemasaran dengan memperhatikan keinginan dan kebutuhan
pemenuhan pelanggan untuk tercapainya kepuasan yang memberi dampak positif
bagi perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi Komunikasi
Pemasaran Garmin Store Medan dalam Meningkatkan Penjualan Produk di Kota
Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi
pemasaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif
sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Informan
dalam penelitian ini sebanyak tiga (3) orang yaitu, Audri, Reza dan Muhammad
Khadafi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui
wawancara mendalam dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pihak Garmin Store Medan
mendapati respon positif dan berlangsung secara efektif, yaitu dengan melakukan
pendekatan terhadap product (produk), price (harga), place (tempat) dan
promotion (promosi) yang diberikan kepada para pelanggan.