Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan konseling
kelompok untuk mengurangi kenakalan remaja di SMK Swasta Bandung 2.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, serta siswasiswi
SMK
Swasta
Bandung
2
yang
melanggar
aturan
disekolah
atau
yang
berbuat
kenakalan
disekolah.
Teknik
pengumpulan
data
dalam
penelitian
ini
dengan
menggunakan
instrument
observasi
dan
wawancara.
Dari
hasil
analisa
data
dengan
menggunakan
instrument
observasi,wawancara,
berkurangnya
kenakalan
siswa
telah
dicapai
melalui
layanan
konseling
kelompok
serta
dengan
memberikan
masukan-masukan
atau
dorongan-dorongan
yang
diberikan
oleh
guru
bimbingan
dan
konseling.
Penelitian
ini
cukup
efektif
dan
efisien,
dilihat
dari
sampel
penelitian
yang
berjumlah
10
orang
siswa
yang
menjadi
objek
penelitian
ini
meningkat
60
–
70%
siswa
yang
bermasalah
mengenai
kenakalan
remaja
sudah
mulai
mengalami
peningkatan
dalam
hal
mengurangi
sifat
kenakalan
mereka.
Dengan
demikian
penggunaan
konseling
kelompok
untuk
mengurangi
kenakalan
remaja
siswa
kelas
X
SMK
Swasta
Bandung
2
Tahun
Ajaran
2017
–
2018”,
dengan
catatan
dilakukan
secarateratur,
sistematis,
serta
terarah