Research Repository

HUBUNGAN PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SD SWASTA AL-AMJAD MEDAN TA 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author ANANDA, TIARA SILVIA
dc.date.accessioned 2023-11-20T13:17:28Z
dc.date.available 2023-11-20T13:17:28Z
dc.date.issued 2023-11-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22252
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian penguatan guru terhadap keaktifan belajar siswa pada Kelas IV SD Swasta Al-Amjad Medan T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas 4 Imam Bukhari SD Swasta Al-Amjad Medan Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juli Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan melakukan uji keabsahan data, uji persyaratan analisis dan juga uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian penguatan guru (X) terhadap keaktifan belajar (Y) pada siswa Kelas IV SD Swasta Al-Amjad Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini diketahui dimana nilai thitung untuk variabel penguatan guru (X) adalah 3.617. Sedangkan nilai t-tabel yaitu df = n-k, yaitu 30-2 = 28, maka didapat t-tabel sebesar 1.70113, sehingga t-hitung>t-tabel (3.617>1.70113), dengan nilai sig a=0,001 (0,001<0,05). Hasil perhitungan uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,318 yang artinya pengaruh variabel penguatan guru (X) terhadap variabel keaktifan belajar siswa (Y) sebesar 31,8% (0,318 x 100%) dengan kategori rendah. Sedangkan sisanya sebesar 68,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. en_US
dc.subject Penguatan en_US
dc.subject Keaktifan Belajar en_US
dc.title HUBUNGAN PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SD SWASTA AL-AMJAD MEDAN TA 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account