Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian penguatan
guru terhadap keaktifan belajar siswa pada Kelas IV SD Swasta Al-Amjad Medan
T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif. Subjek
penelitian ini adalah siswa Kelas 4 Imam Bukhari SD Swasta Al-Amjad Medan
Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan
pada bulan April-Juli Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan
dengan melakukan uji keabsahan data, uji persyaratan analisis dan juga uji
hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara pemberian penguatan guru (X) terhadap keaktifan belajar (Y)
pada siswa Kelas IV SD Swasta Al-Amjad Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Hal
ini diketahui dimana nilai thitung untuk variabel penguatan guru (X) adalah 3.617.
Sedangkan nilai t-tabel yaitu df = n-k, yaitu 30-2 = 28, maka didapat t-tabel sebesar
1.70113, sehingga t-hitung>t-tabel (3.617>1.70113), dengan nilai sig a=0,001
(0,001<0,05). Hasil perhitungan uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan
bahwa nilai R Square sebesar 0,318 yang artinya pengaruh variabel penguatan
guru (X) terhadap variabel keaktifan belajar siswa (Y) sebesar 31,8% (0,318 x
100%) dengan kategori rendah. Sedangkan sisanya sebesar 68,2% dipengaruhi
oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.