Research Repository

STRATEGI GURU MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA SISWA DI SMP PLUS ANBATA

Show simple item record

dc.contributor.author SADIYAH, NADIRA
dc.date.accessioned 2023-11-20T12:31:24Z
dc.date.available 2023-11-20T12:31:24Z
dc.date.issued 2023-11-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22251
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini ada 2 yaitu Strategi yang diterapkan guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlah dalam kehidupan beragama siswa di SMP Plus Anbata dan kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan beragama siswa di SMP Plus Anbata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pengamatan wawancara, dan penelaan dokumen. Penelitian kualitatif adalah proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati tentang kehidupan seseorang, cerita, perilaku, dan juga tentang fungsi organisasi, gerakan sosial atau hubungan timbal balik. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menekankan pada apa yang terjadi tanpa adanya rekayasa yang nantinya memudarkan hasil penelitian sebagaimana yang terjadi lapangan. Sumber data yang diperoleh peneliti melalui penelitian lapangan. Sumber data yang didapat menggambarkan realita sosial yang berupa kata-kata yang nantinya dapat didapat dari hasil pengamatan dan wawancara serta gambar-gambar yang menjadi dokumentasi atau studi dokumentasi yang bukan berupa angka-angka. Hasil penelitian ini adalah bahwa Strategi guru menanamkan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan beragama di SMP Plus Anbata, adanya pembelajran tentang akhlak di dalam ruang kelas, pendidik menjadikan dirinya sebagai teladan atau contoh. Adanya pembelajaran di luar pembelajaran formal. Adanya pembatasan sanksi, faktor pergaulan peserta didik, faktor orang tua, kurangnya disiplin peserta didik, kurangnya disiplin peserta didik, kurangnya pendidik yang membina peserta didik dan belum serentaknya pendidik dalam penanaman nilai-nilai akhlak. Adanya pengawasan, adanya penerapan atau sanksi, memberikan contoh yang baik, membiasakan peserta didik shalat berjamaah di musholla, melakukan kerja sama yang baik dengan peserta didik, mengintegrasikan nilai-nilai akhlak dalam proses pembelajaran dan pendidik membuat laporan peseta didik. en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Akhlak en_US
dc.subject Kehidupan Beragama en_US
dc.title STRATEGI GURU MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA SISWA DI SMP PLUS ANBATA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account