Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan konseling
individu dengan token economy untuk mengurangi perilaku membolos di SMP
Swasta Al-Hikmah Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan
dan konseling, serta objeknya adalah siswa SMP Swasta Al-Hikmah Medan yang
melanggar aturan disekolah berupa pembolosan. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dengan menggunakan instrument, observasi dan wawancara. Dari
hasil analisa data dengan menggunakan instrument observasi, wawancara,
berkurangnya perilaku membolos melalui layanan konseling individu dengan
token economy serta dengan memberikan masukan-masukan atau dorongandorongan
yang
diberikan
oleh
guru
bimbingan
dan
konseling.
Penelitian
ini
cukup
efektif
dan
efisien,
dilihat
dari
sampel
penelitian
yang
berjumlah
4
siswa
yang
menjadi
objek
yang
bermasalah
mengenai
pembolosan
sudah
mulai
mengalami
penurunan.
Dengan
demikian
penggunaan
konseling
individu
dengan
token
economy untuk mengurangi perilaku membolos siswa kelas VIII SMP Swasta AlHikmah
Medan
Tahun
Pembelajaran
2017
–
2018”,
dengan
catatan
dilakukan
secara
teratur,
sistematis,
serta
terarah.