Abstract:
Penelitian ini meliputi penggunaan media pembelajaran Powtoon dalam
kegiatan pembelajaran didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
produk video pembelajaran berbasis Powtoon untuk materi tematik. Produk dapat
dijadikan bahan ajar yang menarik dan sesuai dengan perkembangan abad 21.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research &
Development (R&D) mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation, Evalution) karena sistematika model ini
seederhana, sehingga sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik dan bias
digunakan untuk mengembangan bahan ajar pada pembelajaran di ranah kognitif,
efekrif dan psikomotorik yang sesuai dengan kurikulum K-13.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Powtoon pada
pembelajaran Tematik khususnya PPKn Materi Keberagaman Sosial Budaya
dinyatakan valid dan praktis. Tingkat kevalidan dan kepraktisan media Powtoon
dilihat berdasarkan pada penilaian oleh Validator Media diperoleh nilai ―92%‖,
Validator Materi ―92%‖, Validator Bahasa ―91%‖, dan respon peserta didik 99%
dengan kriteria ―Sangat Valid‖, yang artinya media ―Layak‖ untuk digunakan
dalam proses belajar mengajar.