Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa
kelas IV SD Negeri 066659 dalam pembelajaran matematika melalui model
pembelajaran make a match. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 066659 yang berjumlah 25
siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1)
tes, 2) observasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah menghitung nilai
rata-rata kelas dan data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model
pembelajaran make a match yang dilaksanakan dengan menyiapkan kartu
pasangan, membagikan kartu kepada siswa, siswa mengerjakan soal pada kartu
pasangan, dan mendiskusikan hasil kartu pasangan siswa dapat meningkatkan
kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV SD Negeri 066659. Hal tersebut
terbukti dengan adanya peningkatan nilai ketuntasan siswa dan hasil tes evaluasi.
Pada siklus I nilai ketuntasan siswa dari 40% menjadi 60%. Pada siklus II nilai
ketuntasan siswa dari 60% menjadi 80%. Sedangkan nilai rata-rata tes evaluasi
meningkat dari 58 menjadi 88. Nilai rata-rata tes evalaluasi siswa telah memenuhi
kriteria keberhasilan yaitu 80% dari siswa telah memperoleh nilai ≥70.