Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengaruh layanan bimbingan
kelompok terhadap interaksi sosial korban bullying. Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap
interaksi sosial korban bullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif, karena penelitian ini mengukur hubungan pengaruh layanan
bimbingan kelompok terhadap interaksi sosial korban bullying pada siswa kelas
VIII SMP Muhammadiyah 57 Modern. Jumlah populasi 74 orang siswa dan
sempel 30 siswa kelas VIII. Instrument dalam penelitian ini adalah observasi dan
angket, uji validitas, uji reabilitas, uji korelasi product moment, dan uji hipotesis.
Dari perhitungan uji product moment diperoleh rhitung > rtabel untuk taraf nyata 95%
yaitu 0,774 > 0,349. Dan berdasrkan uji “T” maka diperoleh thitung > ttabel 5,290 >
2,048 pada taraf signifikan nyata (α=0,05). Dan hasil perhitungan tersebut dapat
diketahui bahwa pengaruh layan bimbingan kelompok terhadap interaksi sosial
korban bullying sebesar 59,97% maka dapat disimpulkan Ha dapat diterima H0
ditolak. Sehingga ada pengaruh yang signifikan antara layanan bimbingan
kelompok terhadap interaksi sosial korban bullying pada siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 57 Modern.