Abstract:
Tujuan penulisan skripsi penelitian ini ialah untuk memaparkan bagaimana
pengimplementasian metode resitasi pada siswa SMP Al Razi Medan. Dimana,
metode ini didesain untuk melatih peserta didik menjadi lebih aktif, berani,
bertanggung jawab dan mandiri. Penelitian dilakukan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil daripada penelitian ini menunjukkan
bahwa metode resitasi ini efektif dilakukan dalam pembelajaran, walaupun
kenyataannya ada kendala-kendala yang dihadapi dalam proses perjalanannya
seperti: sulitnya dalam pengontrolan, baik dalam pengontrolan tugas ataupun
penilaiannya. Karena kemungkinan tugas yang diberikan bukan dikerjakan oleh
peserta didik yang bertugas, namun malah dikerjakan oleh orang lain yang lebih
ahli dari peserta didik tersebut, dan guru juga tidak tahu apakah semua anggota aktif
atau malah sebaliknya, ataupun guru tidak mengetahui apakah dalam satu kelompok
tersebut saling bekerjasama atau tidak. Kemudian pemberian tugas terlalu sering
juga dapat memicu timbulnya rasa malas dan mengeluh dalam mengerjakan.
Namun selain kendala, ada juga faktor pendukung dari penggunaan metode resitasi
ini dalam pembelajaran PAI diantaranya: peserta didik lebih mandiri dan kreatif
dalam mengerjakan tugasnya, kemudian mereka juga bisa saling membutuhkan satu
dengan yang lainnya, dan melatih jiwa kepercayaan diri mereka, membuat peserta
didik lebih aktif dan juga dapat membina kebiasaan peserta didik dalam hal mencari
dan mengelola.