Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh
Pengetahuan Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif dengan
Locus Of Control sebagai variabel intervening pada Generasi Z di Kota Medan
secara langsung maupun secara tidak langsung. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh Generasi Z di Kota Medan yang jumlahnya tidak diketahui. Sampel dalam
penelitian ini menggunakan quota sampling yang berjumlah 100 orang pada
Generasi Z di Kota Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik observasi, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis statistik dengan
menggunkana uji Analisis Auter Model, Analisis Inner Model, dan Uji Hipotesis.
Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software PLS (Partial
Least Square). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara langsung
Pengetahuan Keuangan berpengaruh signfikan terhadap Perilaku Konsumtif. Gaya
Hidup berpengaruh signfikan terhadap Perilaku Konsumtif. Pengetahuan Keuangan
berpengaruh signifikan terhadap Locus Of Control. Gaya Hidup berpengaruh
signifikan terhadap Locus Of Control. Locus Of Control berpengaruh signifikan
terhadap Perilaku Konsumtif. Dan secara tidak langsung Pengetahuan Keuangan
berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Konsumtif dengan Locus Of Control
sebagai variabel intervening. Gaya Hidup berpengaruh signfikan terhadap Perilaku
Konsumtif dengan Locus Of Control sebagai variabel intervening pada Generasi Z
di Kota Medan.