Abstract:
Layanan bimbingan kelompok adalah salah satu dari sepuluh layanan
bimbingan konseling yang diberikan kepada sejumlah siswa atau sejumlah orang
dengan memanfaatkan dinamika kelompok dengan tujuan mendapatkan informasi
terbaru dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa. Peran gender adalah
peran laki-laki dan perempuan tentang bagaimana mereka harus bersikap dan
bertindak dimana prilaku tersebut dipelajari dari masyarakat serta dapat berubah
seiring dengan bertambahnya usia serta pengalaman dari individu tersebut selama
hidupnya. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 05 Medan yang
beralamat di Jl.Bromo Gg.Aman Kecamatan Medan Denai. Adapun yang menjadi
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan pemahaman peran
gender melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah 05 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan pemahaman peran gender melalui layanan bimbingan kelompok pada
siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan. Objek dalam penelitian ini
adalah siswa yang kurang memahami peran gender kelas VII A dan VII B yang
berjumlah 10 orang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif. Berdasarkan analisis data dan interpretasi data yang peneliti lakukan
dapat diperoleh hasil bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan
pemahaman peran gender pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan
tahun ajaran 2017/2018