Abstract:
Masalah di dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas III pada
mata pelajaran IPA yang ditemukan di SDS Al-Washliyah Tanjungbalai.
Penelitian ini dilakukan dijalan Jendral Sudirman, Kelurahan Gading, Kecamatan
Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruhg siswa kelas III dimana terdapat sampel sebanyak 20 siswa.
Instrument penelitian ini menggunakan tes tertulis berupa pilihan berganda yang
terdiri dari 10 soal, dimana 10 soal tersebut Valid. Metode analisis yang
digunakan untuk mencari data dari uji validitas, uji reliabilitas dan uji t, di dalam
penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Penelitian ini dilakukan guna
mengetahui apakah terdapat pengaruh model kooperatif tipe Make A Match pada
hasil belajar siswa kelas III sd sebelum dan sesudah menggunakan model Make A
Match. Sebelum menggunakan model Make A Match nilai rata-rata hasil belajar
siswa sebesar 47,50% dan setelah menggunakan model Make A Match nilai rata rata hasil bejajar siswa sebesar 88,50%. Berdasarkan hasil perhitungan uji
hipotesis siswa yang diperoleh nilai hasil belajar siswa sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05
sehingga sesuai dengan kriteria pengambilan keputusan yaitu jika nilai signifikan
α<0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa Ha
diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada
Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDS Al-Washliyah
Tanjungbalai.