Research Repository

“Penerapan Teknik Self Instruction Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melaksanakan Pembelajaran Retell Story Pada Siswa Kelas VIII SMP PAB 10 Medan T.A 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.author Handayani, Putri
dc.date.accessioned 2023-11-20T02:29:51Z
dc.date.available 2023-11-20T02:29:51Z
dc.date.issued 2023-09-21
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22191
dc.description.abstract Kepercayaan diri adalah suatu keyakinan seseorang terhadap kemampuan dan kelebihan yang dimiliki dirinya sendiri untuk mencapai tujuan dalam hidupnya dan menyelesaikan masalah serta pekerjaannya. Retell Story strategi pembelajaran membantu siswa untuk memahami isi cerita yang mereka baca dengan cara siswa menceritakan kembali cerita yang telah mereka baca dengan menggunaka kata kata mereka sendiri. Self Instruction ini merupakan sebuah latihan untuk meningkatkan kontrol diri dengan menggunakan verbalisasi diri sebagai rangsangan dan penguatan selama menjalani treatment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektif teknik self instruction dalam untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa melaksanakan pembelajaran retell story pada siswa kelas VIII SMP PAB 10 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SMPPAB10 Medan. Teknik penarikan sampel adalah dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah model Skala Likert. Tujuan penelitian pertama dan kedua dianalisis dengan teknik self Instruction. Selanjutnya, tujuan ketiga dianalisis dengan uji Wilcoxon. Temuan penelitian ini: Dari penelitian ini ditemukan bahwa teknik self instruction meningkatkan kepercayaan diri siswa melaksanakan pembelajaran retell story pada siswa SMP PAB 10 Medan. Kemudian peneliti menemukan agar dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa melaksanakan pembelajaran retell story pada siswasecara maksimal harus diterapkan layanan secara berkesinambungan agar dapat mengubah perilaku yang tidak baik menjadi lebih baikdan pengembangan program BK di sekolah harus di perhatikan dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa di sekolah. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Teknik Self Instruction en_US
dc.subject Kepercayaan Diri en_US
dc.subject Pembelajaran Retell Story en_US
dc.title “Penerapan Teknik Self Instruction Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melaksanakan Pembelajaran Retell Story Pada Siswa Kelas VIII SMP PAB 10 Medan T.A 2023/2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account