Abstract:
Kepercayaan diri adalah suatu keyakinan seseorang terhadap kemampuan dan
kelebihan yang dimiliki dirinya sendiri untuk mencapai tujuan dalam hidupnya
dan menyelesaikan masalah serta pekerjaannya. Retell Story strategi pembelajaran
membantu siswa untuk memahami isi cerita yang mereka baca dengan cara siswa
menceritakan kembali cerita yang telah mereka baca dengan menggunaka kata kata mereka sendiri. Self Instruction ini merupakan sebuah latihan untuk
meningkatkan kontrol diri dengan menggunakan verbalisasi diri sebagai
rangsangan dan penguatan selama menjalani treatment. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah efektif teknik self instruction dalam untuk
meningkatkan kepercayaan diri siswa melaksanakan pembelajaran retell story
pada siswa kelas VIII SMP PAB 10 Medan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian
adalah siswa SMPPAB10 Medan. Teknik penarikan sampel adalah dengan teknik
purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah model Skala Likert.
Tujuan penelitian pertama dan kedua dianalisis dengan teknik self Instruction.
Selanjutnya, tujuan ketiga dianalisis dengan uji Wilcoxon.
Temuan penelitian ini: Dari penelitian ini ditemukan bahwa teknik self
instruction meningkatkan kepercayaan diri siswa melaksanakan pembelajaran
retell story pada siswa SMP PAB 10 Medan. Kemudian peneliti menemukan agar
dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa melaksanakan pembelajaran retell
story pada siswasecara maksimal harus diterapkan layanan secara
berkesinambungan agar dapat mengubah perilaku yang tidak baik menjadi lebih
baikdan pengembangan program BK di sekolah harus di perhatikan dan
disesuaikan dengan kebutuhan siswa di sekolah.