Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Layanan Informasi
Terhadap Kemampuan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VII SMP
Muhammadiyah 57 Modern. Secara umum penelitian ini ditujukan kepada seluruh
kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Modern. Yang berjumlah 105 siswa,
sedangkan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan
proposive sampling yakni 36 orang siswa kelas VII-B. Penelitian ini
menggunakan product moment. Berdasarkan hasil penelitian maka di peroleh
hasil pengujian korelasi rxy=0,444 lebih besar dari rtabel= 0,329 (0,444>0,319) dari
hasil tersebut menunjukkan bahwa pengaruh Layanan informasi terhadap
kemampuan konsentrasi belajar siswa adalah positif. Dari hasil penelitian di
peroleh thitung=5,841 sedangkan ttabel=0,329. Berdasarkan uji hipotesis kedua data
tersebut diperoleh nilai thitung> ttabel yaitu 5,841> 0,319 maka Ha diterima dan Ho
ditolak. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan Layanan informasi
Terhadap kemampuan konsentrasi belajar siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah
57 Modern Tahun Ajaran 2017/2018