Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menyimak siswa pada
mata pelajaran PPKn yang diakibatkan oleh beberapa factor. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui kemampuan menyimak siswa kelas V SD
Muhammadiyah 11 Medan sebelum menggunakan metode artikulasi, sesudah
menggunakan metode artikulasi dan peningkatan penggunaan metode artikulasi.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
dengan dua siklus. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah
11 Medan yang berjumlah 34 orang siswa yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki
dan 17 orang siswa Perempuan. Penelitian ini menggunakan lembar observasi guru
dan lembar observasi siswa. Berdasarkan hasil lembar observasi siswa sebelum
menggunakan metode artikulasi, 6,25 % siswa mencapai KKM dan 93,75 % tidak
mencapai KKM. Pada siklus I setelah menggunakan metode artikulasi, rata-rata
yang didapatkan yaitu 47,9 dengan siswa yang mendapat nilai tertinggi yaitu 77 dan
siswa yang mendapat nilai terendah yaitu 25, 15,6 % siswa mencapai KKM dan
84,4% siswa yang tidak mencapai KKM. Pada siklus II, didapatkan rata-rata 84
dengan siswa yang mendapat nilai tertinggi yaitu 100 dan siswa yang mendapat
nilai terendah yaitu 40. 90,63% siswa mencapai KKM dan 9,37% tidak mencapai
KKM. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode artikulasi dapat
meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas V SD Muhammadiyah 11
Medan.