Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan berpikir kritis siswa,
siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran., dan kurang tepatya guru dalam
menerapkan model pembelajaran yang dapat melatih keterampilan berpikir kritis
siswa. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa.
Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasinya adalah
siswa kelas IV SD Negeri 173642 Hasahatan yang terdiri dari satu kelas.
Pengambilan sampel dilakukan dengan sampel jenuh. Variabel bebas adalah model
pembelajaran Project Based Learning, variabel terikat adalah keterampilan berpikir
kritis siswa. Pengujian hipotesis menggunakan Paired sampel T-Test yang
didahului dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil dari penelitian ini
menggunakan uji hipotesis mendapatkan nilai signifikansi sebesar ,000. Berarti
,000 < 0,05, maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penerapan model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis
Siswa Kelas IV di SD Negeri 173642 Hasahatan”.