Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand
image, gaya hidup, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian baik secara
parsial maupun secara simultan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis UMSU. Sampel dalam penelitian ini
menggunakan rumus slovin berjumlah 97 orang mahasiswa fakultas ekonomi dan
bisnis UMSU. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik
wawancara, studi dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan Uji Analisis Regresi Liner Berganda, Uji Hipotesis (Uji
t dan Uji F), dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini
menggunakan program software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens)
versi 24.00. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial dan simultan
brand image, gaya hidup, dan word of mouth berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian kosmetik emina pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis
universitas Muhammadiyah sumatera utara