Research Repository

Pengaruh Metode Speed Reading terhadap Keterampilan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Negeri 023898 Binjai.

Show simple item record

dc.date.accessioned 2023-11-20T01:50:20Z
dc.date.available 2023-11-20T01:50:20Z
dc.date.issued 2023-11-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22172
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penlitian ini yaitu bagaimana pengaruh metode Speed Reading terhadap keterampilan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri 023898 Binjai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Speed Reading terhadap keterampilan membaca siswa kelas III SD Negeri 023898 Binjai Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai. Manfaat dalam penelitian ini adalah untuk pengembangan Ilmu pengetahuan berkaitan dengan keterampilan membaca siswa mengunakan metode Speed Reading khususnya baik bagi guru maupun pengelola pendidikan dalam menentukan metode pembelajaran menggunakan metode Speed Reading. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas III A dan III B. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu kelas III A dan III B dimana kelas III A berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas III B berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2023 di SD Negeri 023898 Binjai Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai. Penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan total sampling. Instrument dalam penelitian menggunakan perfomance test. Analisis yang digunakan yaitu uji expert validitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil keterampilan membaca sebelum di ajar dengan menggunakan metode Speed Reading tingkat penguasan berada pada kategori rendah, setelah menggunakan metode Speed Reading tepatnya dikelas eksperimen mencapai kategori tinggi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis (uji-t) diperoleh hasil bahwa nilai signifikansi (sig.2-tailed) dengan uji-t adalah 0,000, dengan demikian nilai signifikansinya dibawah 0,05, dengan hasil keputusan dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara Metode Speed Reading terhadap keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri 023898 Binjai. en_US
dc.subject Metode Speed Reading, Keterampilan Membaca en_US
dc.title Pengaruh Metode Speed Reading terhadap Keterampilan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Negeri 023898 Binjai. en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account