Abstract:
Rumusan masalah dalam penlitian ini yaitu bagaimana pengaruh metode Speed Reading
terhadap keterampilan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III
SD Negeri 023898 Binjai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode
Speed Reading terhadap keterampilan membaca siswa kelas III SD Negeri 023898 Binjai
Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai. Manfaat dalam penelitian ini adalah untuk
pengembangan Ilmu pengetahuan berkaitan dengan keterampilan membaca siswa
mengunakan metode Speed Reading khususnya baik bagi guru maupun pengelola
pendidikan dalam menentukan metode pembelajaran menggunakan metode Speed
Reading. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian ini menggunakan
2 kelas yaitu kelas III A dan III B. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu kelas III A
dan III B dimana kelas III A berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas III
B berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2023
di SD Negeri 023898 Binjai Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai. Penarikan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan total sampling. Instrument dalam
penelitian menggunakan perfomance test. Analisis yang digunakan yaitu uji expert
validitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sample t-test. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa hasil keterampilan membaca sebelum di ajar dengan
menggunakan metode Speed Reading tingkat penguasan berada pada kategori rendah,
setelah menggunakan metode Speed Reading tepatnya dikelas eksperimen mencapai
kategori tinggi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis (uji-t) diperoleh hasil bahwa nilai
signifikansi (sig.2-tailed) dengan uji-t adalah 0,000, dengan demikian nilai
signifikansinya dibawah 0,05, dengan hasil keputusan dapat disimpulkan bahwa nilai
signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif
antara Metode Speed Reading terhadap keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri 023898 Binjai.