Research Repository

EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASE LEARNING TERHADAP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author Cut Raisyah, Nufus Adlina
dc.date.accessioned 2023-11-20T01:43:52Z
dc.date.available 2023-11-20T01:43:52Z
dc.date.issued 2023-09-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22167
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran profil pelajar pancasila pada siswa SMP Negeri 9 Medan. Adapun dilakukannya penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan perbedaan skor dalam pengembangan karakter melalui program profil pelajar pancasila kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan informasi menggunakan metode Project Base Learning. Sedangkan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan layanan informasi tanpa metode project base learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepada siswa memiliki profil pelajar pancasila. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang memiliki profil pelajar pancasila yang rendah memiliki karakter yang buruk dan sulit diterima oleh masyarakat. Hasil uji analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji analisis Kolmogorov Smirnov Two Independent Samples. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan antara lain: (1) terdapat perbedaan yang signifikan pengembangan karakter melalui program profil pelajar pancasila siswa pada kelompok eksperimen sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan informasi menggunakan metode Project Base Learning. (2) terdapat perbedaan yang signifikan pengembangan karakter melalui program profil pelajar pancasila siswa pada kelompok kontrol sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan informasi. (3) terdapat perbedaan yang signifikan pengembangan karakter melalui program profil pelajar pancasila siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan (treatment). en_US
dc.subject Layanan Informasi en_US
dc.subject Metode Project Based Learning en_US
dc.subject Profil Pelajar Pancasila en_US
dc.title EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASE LEARNING TERHADAP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account