Abstract:
Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: apakah ada pengaruh
dengan menggunakan model pembelajaranWrite Around terhadap keterampilan
kolaborasi siswa pada pembelajaran tematik? Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui adanya pengaruh dengan menggunakan model pembelajaran Write
Around terhadap keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran tematik.
Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas
IV A dan IV B SDN 068474 Medan yang berjumlah 75 orang siswa. Dalam
penelitian ini, peneliti mengambil 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Dimana siswa kelas IV B SDN 068474 Medan sebagai kelas eksperimen dan siswa
kelas IV A SDN 068474 Medan sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian maka
dapat diambil kesimpulan bahwa ketrampilan kolaborasi siswa sebelum
menggunakan Model pembelajaran Write Around sangat rendah ini terlihat siswa
yang memenuhi nilai KKM hanya 21 orang siswa dan 18 orang lagi belum
memenuhi nilai KKM. Ketrampilan kolaborasi siswa setelah menggunakan Model
pembelajaran Write Around mengalami peningkatan yang memenuhi nilai KKM
sebanyak 35 siswa dan 1 siswa belum memenuhi nilai KKM. Terdapat pengaruh
Model pembelajaran Write Around terhadap Ketrampilan kolaborasi Siswa
berdasarkan hasil perhitungan pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai thitung
sebesar 2,251. Sedangkan untuk ttabel Pada N=75-2 yaitu 1,666. Maka thitung 2,251 >
ttabel 1,666.