Abstract:
Bahasa Arab dianggap sebagai bahasa yang sangat penting dalam agama
Islam, karena Alquran kitab suci agama Islam diturunkan dalam bahasa Arab.
Dengan mempelajari bahasa Arab, seorang muslim dapat memahami pesan-pesan
penting yang terkandung dalam Alquran dengan lebih baik, sehingga dapat
memperkuat keimanan dan mengembangkan spiritualitas. Selain itu, kemampuan
untuk memahami bahasa Arab juga memungkinkan seorang muslim untuk
memahami hadits, yaitu catatan-catatan tentang ajaran Nabi Muhammad saw., dan
karya-karya penting lainnya dalam tradisi Islam. Oleh karena itu, penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui problematika dalam proses pembelajaran Bahasa
Arab, pada proses belajar Bahasa Arab tentu mempunyai masalah-masalah
disebabkan Bahasa Arab bukanlah Bahasa ibu. Penelitian ini dibantu dengan buku buku, jurnal, dan penelitian relevan lainnya yang berhubungan erat dengan topik
dibahas dalam penelitian ini.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan digolongkan ke dalam penelitian
deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian
ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran Bahasa Arab, dan upaya
yang dilakukan dosen dalam menghadapi problematika pembelajaran Bahasa Arab
pada mustawa awal di Mahad Abu Ubaidah Ibnu Jarrah Medan.