Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berhitung siswa
pada pembelajaran Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
ada tidaknya peningkatan kemampuan berhitung siswa dengan menggunakan Alat
Peraga Kartu Angka pada siswa kelas II SD Muhammadiyah 01 Medan. Jenis
penelitian ini adalah kualitatif.
Lokasi penelitian ini di SD Muhammadiyah 01 Medan. Waktu pelaksanaan
penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian
ini adalah kelas II A yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 15 orang siswa laki laki dan 12 orang siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini yaitu Meningkatkan
Kemampuan Berhitung Dengan Menggunakan Alat Peraga Kartu Angka Pada
Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 01 Medan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Alat Peraga Kartu
Angka terdapat peningkatan terhadap kemampuan berhitung siswa. Hal ini
ditunjukkan pada peningkatan kemampuan berhitung siswa pada setiap siklus yaitu
pada siklus I diketahui total skor sebesar 1700 dan rata-rata yaitu 62,3 dengan nilai
tertinggi 80 dan nilai terendah 20. Siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan
minimal (KKM) sebanyak 13 siswa atau 47% sedangkan siswa yang tidak tuntas
sebanyak 14 siswa atau 53%. Dan pada siklus II diketahui total skor sebesar 2.280
dan rata-rata yaitu 84,4 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai tersendah 60. Siswa yan
mendapat nilai diatas KKM sebanyak 23 siswa (87%) dan siswa yang mendapat
nilai dibawah KKM sebnyak 4 siswa (13%). Peningkatan kemampuan berhitung
siswa sebesar 10 (36%).