Abstract:
Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut : apakah terdapat pengaruh
keterampilan berbicara sebelum melakukan model pembelajaran kooperaif type
talking stick dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperaif type talking
stick?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model
pembelajaran kooperatif type talking stick terhadap keterampilan berbicara siswa
kelas V SD Negeri 105387 Sei Karang. Jenis Penelitian ini adalah Kuantitatif.
Lokasi penelitian ini di SD Negeri 105387 Sei Karang. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh kelas V yang berjumlah 25 peserta didik.
Dari hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa hasil pretest diketahui
2 siswa memperoleh nilai di atas KKM dan 23 siswa memperoleh nilai di bawah
KKM. Hasil posttest diketahui 16 siswa memperoleh nilai di atas KKM dan 9 siswa
memperoleh nilai di bawah KKM. Dari hasil ini dapat dilihat bahwa keterampilan
berbicara setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif type talking stick
mengalami peningkatan yang memenuhi nilai KKM. Berdasarkan tabel Paired
Sample t Test nilai signifikan 2 tailed 0,000 < 0,05 maka terdapat hubungan yang
signifikan antara variabel awal (pretest) dengan varabel akhir (posttest) ini
menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perlakuan yang diberikan
kepada masing-masing variabel yang diperoleh dari hasil penelitian bahwa ada
pengaruh model pembelajaran kooperatif type talking stick terhadap keterampilan
berbicara siswa kelas V SD Negeri 105387 Sei Karang.