Research Repository

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMP MUHAMMADIYAH 51 SIDIKALANG

Show simple item record

dc.contributor.author Sinamo, Riswan
dc.date.accessioned 2023-11-17T08:24:51Z
dc.date.available 2023-11-17T08:24:51Z
dc.date.issued 2023-11-17
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22133
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah masih ada peroblematika dalam Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 51 Sidikalang terhadap pelajaran Kemuhammadiyahan. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti, salah satu penyebabnya adalah rendahnya minat belajar siswa terhadap pelajaran Kemuhammadiyahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika pembelajaran siswa pada mata pelajaran Kemuhammadiyahan, untuk mengungkapkan kendala-kendala yang dialami oleh guru maupun siswa-siswi serta untuk menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi pada guru dan siswa-siswi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Responden dalam penelitian ini yaitu murid kelas VII dan guru Bidang studi mata pelajaran Kemuhammadiyahan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kendala yang dialami guru adalah kurangnya waktu pembelajaran serta kurangnya kesadaran diri para peserta didik untuk lebih memahami materi pembelajaran kemuhammadiyahan. Sedangkan faktor penghambat minat belajar siswa yaitu kurangnya wawasan guru pada saat menjelaskan pembelajaran kepada siswa untuk mempermudah para siswa memahami materi yang di ajarkan oleh guru mata pelajaran, kondisi kelas yang ramai, siswa memiliki kesibukan sendiri pada saat guru menjelaskan materi dan siswa yang tidak memiliki kesiapan untuk belajar dalam perlengkapan belajarnya tidak lengkap. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dialami oleh guru dan siswa adalah dengan menambahkan waktu pembelajaran agar siswa dapat dengan tenang mendengarkan penjalasan yang di ajakrkan oleh guru, melengkapi fasilitas sekolah dalam proses belajar amengajar agar nantinya guru dan siswa melaksanakan pembelajaran dengan nyaman dan tenang. en_US
dc.subject Problematika Pembelajaran, Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Sidikalang en_US
dc.title PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMP MUHAMMADIYAH 51 SIDIKALANG en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account