Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah masih ada peroblematika dalam
Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 51 Sidikalang terhadap pelajaran
Kemuhammadiyahan. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti,
salah satu penyebabnya adalah rendahnya minat belajar siswa terhadap
pelajaran Kemuhammadiyahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
problematika pembelajaran siswa pada mata pelajaran Kemuhammadiyahan,
untuk mengungkapkan kendala-kendala yang dialami oleh guru maupun
siswa-siswi serta untuk menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan untuk
mengatasi kendala-kendala yang terjadi pada guru dan siswa-siswi tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
menggunakan pendekatan deskriptif. Responden dalam penelitian ini yaitu
murid kelas VII dan guru Bidang studi mata pelajaran Kemuhammadiyahan.
Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kendala
yang dialami guru adalah kurangnya waktu pembelajaran serta kurangnya
kesadaran diri para peserta didik untuk lebih memahami materi pembelajaran
kemuhammadiyahan. Sedangkan faktor penghambat minat belajar siswa yaitu
kurangnya wawasan guru pada saat menjelaskan pembelajaran kepada siswa
untuk mempermudah para siswa memahami materi yang di ajarkan oleh guru
mata pelajaran, kondisi kelas yang ramai, siswa memiliki kesibukan sendiri
pada saat guru menjelaskan materi dan siswa yang tidak memiliki kesiapan
untuk belajar dalam perlengkapan belajarnya tidak lengkap. Upaya yang
dilakukan untuk mengatasi kendala yang dialami oleh guru dan siswa adalah
dengan menambahkan waktu pembelajaran agar siswa dapat dengan tenang
mendengarkan penjalasan yang di ajakrkan oleh guru, melengkapi fasilitas
sekolah dalam proses belajar amengajar agar nantinya guru dan siswa
melaksanakan pembelajaran dengan nyaman dan tenang.