Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kualitas website (webqual 4.0) dan e-service quality terhadap keputusan pembelian
melalui e-trust konsumen di e-commerce shopee. Penelitian ini menggunakan
pendekatan penelitian eksplanatori, yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan sebab
akibat antara variabel penelitian dan hipotesis pengujian. Populasi dalam penelitian ini
sebanyak 840 orang yang merupakan mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis UMSU,
sedangkan sampel dari penelitian ini ditetapkan menggunakan teknik slovin dengan
kelonggaran 10% dan digenapkan menjadi 90 responden. Hasil pengujian
menggunakan Partial Least Square (PLS) disimpulkan terdapat pengaruh tidak
langsung dan positif antara kualitas website (webqual 4.0) terhadap keputusan
pembelian, dan terdapat pengaruh langsung dan positif antara e-service quality
terhadap keputusan pembelian, kemudian terdapat pengaruh tidak langsung dan positif
antara kualitas website (webqual 4.0) terhadap e-trust, dan terdapat pengaruh tidak
langsung dan positif antara e-service quality terhadap e-trust, pada variabel e-trust
terdapat pengaruh langsung dan positif antara e-trust terhadap keputusan pembelian,
selanjutnya variabel e-trust kurang berperan dalam mengantarai atau memediasi
hubungan antara kualitas website (webqual 4.0) terhadap keputusan pembelian, dan
variabel e-trust juga kurang berperan dalam mengantarai atau memediasi hubungan
antara e-service quality terhadap keputusan pembelian.