Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen
pengembangan pembelajaran pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 2
TebingTinggi. Apa factor pendukung dan dan penghambat dalam pengembangan
pembelajaran peendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 2 TebingTinggi .Dan
bagaimana pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Tebing
Tinggi. Jenis Penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan metode kualitatif
.Sumber data peneliti yaitu data primer yang diperoleh dengan observasi
langsung dilapangan dan data sekunder diperoleh dengan melakukan wawancara
mendalam terhadap para informan. Hasil penelitian diperoleh dalam
melaksanakan kegiatan pengembangan pembelajaran sebagai berikut: (1) Sekolah
yang sudah berusahaa untuk melakukan pengembangan sperti adanya
pengembangan kurikulum. (2) Dari hasil penelitian diperoleh guru telah
melaksanakan pembelajaran yang ideal sebagai berikut: a. Merencanakan
pembelajaran pendidikan Agama Islam. b. Pelaksanaan pembelajaran disusun
secara matang dan terperinci.Pengukuran hasil belajar mengajar berlangsung saat
mid semester dan semsester. (3) Faktor pendukung dalam melaksanakan
manajmen pengembangan pembelajaran di SMA Negeri 2 Tebing Tinggi adalah
kesiapan pihak sekolah dengan adanya pengembangan pembelajaran dan
kesiapan guru yang merupakan factor pendukung dalam terlaksananya kegiatan
pengembangan pembelajaran terutama di pendidikan Agama Islam itu sendiri.
Selainitu adanya factor pengambat mengenain biaya dan kurang nya persiapan
peserta didik dan orang tua dengan adanya perubahan .