Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kontrol diri
penggunaan gadget pada siswa SMK YPK Medan. Adapun dilakukannya penelitian
ini ialah untuk mendeskripsikan perbedaan skor dalam meningkatkan kontrol diri
penggunaan gadget pada siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah
diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok menggunakan media
pembelajaran tebak kata. Sedangkan kelompok kontrol sebelum dan sesudah
diberikan perlakuan dengan layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Objek dari
penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 SMK YPK Medan. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan angket kepada siswa untuk mengetahui
kontrol diri penggunaan gadget. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang
memiliki kontrol diri penggunaan gadget yang rendah sehingga ketidakmampuan
siswa dalam mengendalikan diri dalam penggunaan gadget terutama dilingkungan
sekolah dan pada saat belajar.. Hasil uji analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed
Ranks Test dan uji analisis Kolmogorov Smirnov Two Independent Samples.
Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan antara lain: (1)
terdapat perbedaan yang signifikan kontrol diri penggunaan gadget siswa pada
kelompok eksperimen sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan
bimbingan kelompok menggunakan media pembelajaran tebak kata. (2) terdapat
perbedaan yang signifikan kontrol diri penggunaan gadget siswa pada kelompok
kontrol sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan bimbingan
kelompok. (3) terdapat perbedaan yang sidnifikan kontrol diri penggunaan gadget
siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan
(treatment).