Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1)Apakah pengaruh metode
resitasi dibantu Lembar Kerja Peserta Didik terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan (2)Seberapa besar pengaruh
metode resitasi dibantu Lembar Kerja Peserta Didik terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian ini
bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode resitasi dibantu
Lembar Kerja Peserta Didik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII
SMP Muhammadiyah 01 Medan. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
metode resitasi dibantu Lembar Kerja Peserta Didik terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan yang terdiri
dari 2 kelas VII-TERPADU 5 berjumlah 35 siswa,VII-TERPADU 3 berjumlah 35
Siswa. Jadi total keseluruhan kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan sebanyak
70 Siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-TERPADU 5 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VII-TERPADU 3 sebagai kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal (Pre-Test) dan tes akhir (PostTest).
Berdasarkan hasil pre-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu
59,8 dan kelas kontrol yaitu 54,71. Sedangkan hasil post-test diperoleh nilai ratarata
kelas eksperimen yaitu 70,37 dan kelas kontrol yaitu 67,71. Teknik analisis
data mengumpulkan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji
hipotesis. Dan hasil penelitian menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji-t
diperoleh nilai thitung(4,24) setelah dibandingkan dengan ttabel (1,995). Ternyata
nilai thitung > ttabel 4,24 > 1,995 , sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini
berarti ada pengaruh antara metode Resitasi menggunakan LKPD terhadap hasil
belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020.