Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Model
Pembelajaran Problem Based Learng (PBL), pada mata pelajaran PPKn terhadap
kecerdasan kewarganegaraan siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah Apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning pada
mata pelajaran PPKn terhadap kecerdasan kewarganegaraan siswa di kelas VII
SMP N 11 Takengon. Penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat
kuantitatif dengan design penelitian pre-test post-test group design yaitu
eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelas pembanding.
yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas VII Smp N 11 Takengon dan
tekhnik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji
normalitas, dan menggunakan uji “t”. Berdasarkan perhitungan uji validitas
terdapat 15 soal, setelah melakukan uji validitas tersebut > 0,388 maka dinyatakan
keseluruhan nya valid, uji reablitas nilai yang di peroleh adalah 0,765 maka
dinyatakan reliebel, uji normalitas nilai yang di peroleh adalah 0,200 maka
berdistribusi normal. Dan setelah menggunakan uji “t”” ternyata memperoleh nilai
0,00 < 0,05 maka model pembelajara Problem Based Learning tersebut
berpengaruh maka dapat dinyatakan Ha di terima hal ini membuktikan bahwa
pembelajaran PPKn terhadap kecerdasan kewarganegaraan siswa dengan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki
pengaruh dari pada sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL)