Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN PPKN TERHADAP KECERDASAN KEWARGANEGARAAN SISWA DI SMP NEGERI 11 TAKENGON T.A 20222023

Show simple item record

dc.contributor.author WANIATE, RIFQA
dc.date.accessioned 2023-11-17T02:15:09Z
dc.date.available 2023-11-17T02:15:09Z
dc.date.issued 2023-11-17
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22088
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learng (PBL), pada mata pelajaran PPKn terhadap kecerdasan kewarganegaraan siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran PPKn terhadap kecerdasan kewarganegaraan siswa di kelas VII SMP N 11 Takengon. Penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kuantitatif dengan design penelitian pre-test post-test group design yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelas pembanding. yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas VII Smp N 11 Takengon dan tekhnik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, dan menggunakan uji “t”. Berdasarkan perhitungan uji validitas terdapat 15 soal, setelah melakukan uji validitas tersebut > 0,388 maka dinyatakan keseluruhan nya valid, uji reablitas nilai yang di peroleh adalah 0,765 maka dinyatakan reliebel, uji normalitas nilai yang di peroleh adalah 0,200 maka berdistribusi normal. Dan setelah menggunakan uji “t”” ternyata memperoleh nilai 0,00 < 0,05 maka model pembelajara Problem Based Learning tersebut berpengaruh maka dapat dinyatakan Ha di terima hal ini membuktikan bahwa pembelajaran PPKn terhadap kecerdasan kewarganegaraan siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh dari pada sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) en_US
dc.subject Problem Based learning en_US
dc.subject Kecerdasan Kewarganegaraan en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN PPKN TERHADAP KECERDASAN KEWARGANEGARAAN SISWA DI SMP NEGERI 11 TAKENGON T.A 20222023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account