Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media saat
proses pembelajaran di dalam ruang kelas. Tujuan penelitian ini ialah untukmengembangkan media sliding puzzle, yang berkriteria valid dan praktis untukmeningkatkan berpikir kreatif siswa kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 010232Pangkalan Dodek, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara. Dasarpenelitian ini menggunakan model Penelitian dan pengembangan Research andDevelopment (R&D) dengan desain ADDIE, tahapan yang dilalui antara lainadalah, (1) analysis yang meliputi analisis kinerja dan analisis kebutuhan, (2)desain yang meliputi perencanaan desain produk desian produk dan menyusunnstrument penilaian produk, (3) development yang meliputi pembuatan produk,validasi dan revisi produk, (4) implementasi yang meliputi uji coba produk padakelompok kecil. Penelitian ini menghasilkan media sliding puzzle pada tema 5Cuaca Subtema 1 Keadaan Cuaca. Hasil penelitian media sliding puzzle yangdikembangkan tergolong dalam kategori “Sangat Layak” dengan presentase 81%untuk penilaian ahli media, untuk penilaian ahli bahasa tergolong kedalamkategori “Layak” dengan presentase 75%, dan untuk penilaian ahli materiergolong kedalam kategori “Sangat Layak” dengan presentase 80%. Dan sangatpraktis untuk penilaian siswa sebesar 97,8% dan 93% untuk penilaian guru. Halersebut menunjukkan media sliding puzzle pada tema 5 Cuaca Subtema 1Keadaan Cuaca telah Layak, Praktis dan dapat menimbulkan aktivitas belajarpeserta didik.